Sabtu, 20 Juni 2020

KECAPI SULING SUNDA || TRADITIONAL RELAXING MUSIC THERAPY

Musik Kacapi Suling Khas Sunda

Sumber youtube : https://youtu.be/ry23GHdm-cc
Suling adalah kesenian yang berasal dari daerah Jawa Barat, yaitu permainan alat musik tradisional yang memadukan suara alunan Suling dengan Kacapi (kecapi), iramanya sangat merdu yang biasanya diiringi oleh Mamaos (tembang) Sunda yang memerlukan cengkok/ alunan tingkat tinggi khas Sunda, yang pada umumnya nyanyian atau lagunya dibawakan oleh seorang penyanyi perempuan,yang dalam bahasa sunda disebut Sinden.
Kecapi suling merupakan perangkat waditra sunda yang terdapat hampir di setiap daerah tatar sunda. Waditra terdiri dari kecapi dan suling. Selain disajikan secara instrumental, kecapi suling juga dapat digunakan untuk mengiringi juru sekar yang melantunkan lagu secara anggana sekar atau rampak sekar. Lagu yang disajikannya antara lain; sinom degung, kaleon, talutur dan lainnya. Laras yang digunakan adalah laras salendro, pelog atau sorog. Berbeda dengan sabeutan kecapi suling atau kacapian bila menggunakan kecapi siter. Sudah lazim selain kecapi siter dan suling ditambah pula satu set kendang dan satu set goong.
MUSIK RELAXING
Setelah melalui hari-hari yang sibuk, ada kalanya diri butuh dimanja dan diistirahatkan. Mendengarkan musik adalah salah satu alternatif untuk mengistirahatkan pikiran setelah diajak bekerja seharian. Pemilihan jenis musik untuk relaksasi bisa anda atur sendiri sesuai dengan selera. Anda juga dapat membuat playlist dengan genre yang bercampur namun tetap dalam ranah genre kesukaan anda, jadi anda tidak perlu repot ginta-ganti lagu dan mengetik ulang nama musisi atau judul lagunya.

Pada umumnya, musik untuk relaksasi adalah musik dengan tempo yang pelan dan instrumen melodik seperti piano dan gitar. Namun, anda juga dapat menemukan musik-musik yang tenang dari musik tradisional seperti musik tradisional kacapi suling dari sunda. Berikut kami sertakan tips memilih jenis musik untuk relaksasi.
#MusicRelaxing #MusikRelaksasi #KacapiSuling #MusikTradisional #MusikPenghilangStres #RelaxingMusicRain #MusikRelaksasiTidur #MusikRelaksasiOtak #Sunda #Jawabarat #MusikTradisional #PesonaIndonesia #Musik #Kacapi #Suling #Gamelan #Cianjuran #SeniBudaya #TradisiLeluhur #SitBackAndRelax #Santuy #Santai #Refreshing #RefreshOtak #Kesenian #KesenianSunda #CLOSETHEDOOR #Budayawan #KecapiSuling #KecapiSulingSedih #Lesti #dedimulyadi #kangdedimulyadi #lagusunda #popsunda #LaguSundaTerbaru

Sumber youtube : https://youtu.be/ry23GHdm-cc

Chandra Hudaya Channel 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar